Diduga Tidak Sesuai Spek, Proyek Aberan Sungai Ambruk

oleh

Penulis : Nanang

Pamekasan, SOROTPUBLIK.COM – Aberan Sungai di Dusun Masaran, Desa Rek-Kerek, Kecamatan Palengaan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, ambruk. Diduga, ambruknya aberan sungai itu karena pengerjaan proyek tersebut tidak sesuai dengan petunjuk teknis (JUKNIS).

Ambruknya aberan sungai itu, nampaknya menuai kritikan keras dari semua elemen masyarakat setempat. Pasalanya, pengerjaan proyek yang tidak diketahui sumbernya itu baru dikerjakan sekitar 3 bulan lamanya, namun sudah ambruk.

“Kami semua memang tidak mengetahui dari mana asalnya proyek tersebut, begitupun juga pihak aparatur desa kami. Bahkan kami dan pihak aparatur desa juga sangat menyesalkan denga adanya pengerjaan proyek aberan abal-abal yang saat ini sudah ambruk dan tidak jelas dari mana sumbernya itu,” tutur Ahmad, warga setempat, Minggu (28/01/2018).

Pengakuan kritikan keras, juga dilontarkan oleh Mulyadi, Kordinator Kecamatan (KORCAM) Aliansi Mahasiswa Pembangun Desa (AMPD) Pamekasan. Ia mengaku, pihaknya sangat menyesalkan dengan ambruknya proyek aberan yang baru selesai dikerjakan tersebut.

“Kami sangat menyesalkan dengan adanya proyek aberan sungai yang pengerjaannya itu baru berjalan kurang lebih 4 bulan tetapi sudah ambruk. Ini semestinya menjadi kajian yang sangat matang untuk kontraktor yang hendak melalukan proyek, agar hal yang tak diinginkan terjadi, jika sudah seperti ini bukan hanya kontraktor yang dirugikan, kami juga sangat dirugikan,” ucap Mulyadi.

Selain itu, dirinya menduga bahwa pekerjaan proyek Aberan Sungai itu tak sesuai dengan spek dan RAB yang ada. Sebab, bahan material dan pekerjaan proyek itu sangat tidak sesuai standart pengerjaan proyek. Pihaknya berharap, agar pihak terkait yang berwenang untuk cepat melakukan pemantauan ulang serta menindaklanjuti persoalan itu kepihak aparatur hukum.