Di Guyur Hujan Deras Sejumlah Rumah Tergenang Banjir

0
275
Salah Satu Halaman Rumah Yang Tergenang Air Hujan

Penulis : Doess

Sumenep, SOROTPUBLIK.COM – Hujan deras hari ini Sabtu 06 Januari 2018 kembali terjadi di Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur. Hujan yang dari sekitar pukul 11.30 WIB menyebabkan sejumlah rumah warga dan ruas jalan perkotaan tergenang air hujan.

Berdasarkan pantauan sorotpublik.com dilapangan, sejumlah halaman rumah warga yang dimasuki air diantaranya Desa Pabian, Marengan, Perumahan Satelit, Perumahan Bumi Sumekar Desa Kolor, Kelurahan Pajagalan, dan sejumlah titik di Desa Pamolokan, Kecamatan Kota.

“Ntah apa yang terjadi mas, karena setiap turun hujan deras kampung kami selalu jadi langganan genangan air,” ungkap Abdurrahman, salah seorang warga Desa Pangarangan Kecamatan Kota, Sabtu (06/01/2018).

Tak lain bila diperhatikan lanjut Abdurrahman adalah semakin sempitnya lahan serapan air. Terbukti meski dainase di perlebar tetap saja terjadi genangan air hujan.

“Ini buktinya baru setengah jam turun hujan sudah tergenang begini,” tuturnya sambil menunjuk ke halaman rumahnya yang tergenang air hujan.

Senada dengan Abdurrahman, Ahmad Sihabuddin, warga Desa Geddungan, Kecamatan Batuan. Menyampaikan beberapa tahun belakangan ini Sumenep rawan terjadi banjir, penyebabnya tidak lain karena lahan hijau untuk serapan air semakin menyempit.

“Kalau saya perhatikan itu salah satu penyebabnya mas, lahan persawahan dari Jalan Lingkar Barat ke Lingkar Timur sudah berubah jadi bangunan, terbanyak beralih fungsi jadi perumahan dan pertokoan,” tukasnya.

LEAVE A REPLY