Buka Sosialisasi dan Pendampingan SPMI, Kepala Disdik Sumenep Sampaikan Ini

oleh
Sosialisasi dan Pendampingan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI)
Sosialisasi dan Pendampingan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Untuk Sekolah Binaan Model Tahun 2019 di SDN Pandian 1 Sumenep. (Foto: Heri/SorotPublik)
loading...

Penulis: Heri
Editor: Kiki

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COM – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur membuka langsung Sosialisasi dan Pendampingan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Untuk Sekolah Binaan Model Tahun 2019, di Aula Sekolah Dasar Negeri Pandian I, Kecamatan Kota Sumenep.

Ketika sambutan, Kepala Disdik Sumenep, Bambang Irianto menyampaikan, Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah adalah tingkat kesesuaian antara penyelenggaraan pendidikan dasar dan pendidikan menengah dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP) pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

Loading...

“Penjaminan Mutu Pendidikan adalah suatu mekanisme yang sistematis, terintegrasi, dan berkelanjutan untuk memastikan bahwa seluruh proses penyelenggaraan pendidikan telah sesuai dengan standar mutu, yang terdiri dari Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI),” ucapnya, Rabu (07/08/2019).

Menurut Bambang, Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah berfungsi untuk mengendalikan penyelenggaraan pendidikan oleh satuan pendidikan pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah, sehingga terwujud pendidikan yang bermutu.

“Tujuannya adalah untuk menjamin pemenuhan standar pada satuan pendidikan secara sistemik, holistik, dan berkelanjutan, sehingga tumbuh dan berkembang budaya mutu pada satuan pendidikan secara mandiri,” terang dia.

Sosialisasi dan Pembinaan SPMI tersebut juga dihadiri lima kepala sekolah imbas yang berada di wilayah Kecamatan Kota Sumenep. Selain Kepala Disdik Bambang Irianto, hadir pula Kepala Bidang Ketenagaan SD/SMP, Fasda, dan Pengawas SD/SMP.