BPBD Situbondo Himbau Masyarakat Waspada di Musim Hujan

0
224

Penulis : Ainur

Situbondo, SOROTPUBLIK.COM – Tingginya intensitas hujan selama dua pekan terkahir kerap kali mengakibatkan terjadinya bencana alam di sejumlah wilayah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, mengantisipasi jatuhnya korban jiwa, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemerintah Kabupaten setempat, meminta kepada masyarakat  agar selalu waspada dan siap siaga saat  hujan turun lebat yang disertai angin kencang.

Gatot Trikorowan, Kabid Pencegahan dan Kewaspadaan Bencana BPBD Situbondo menyatakatan, selaku lembaga penanggulangan bencana alam, seperti banjir, tanah longsor, dan puting beliung, tentunya BPBD Kabupaten Situbondo harus waspada dan selalu sigap.

“Sesuai surat edaran Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Propinsi Jatim tahun 2017, saya mengharap kepada warga yang bermukim disekitar aliran sungai maupun lereng berbukitan harus selalu waspada, dikhawatirkan saat terjadi hujan akan mengakibatkan banjir, ” ujar Gatot, Kamis (24/01/2018).

Di samping itu, pihaknya sudah meningkatkan langkah koordinasi dengan instansi lain di Kabupaten Situbondo dalam penanganan bencana. Termasuk berkoordinasi dengan jajaran kepolisian, TNI, dan relawan serta masyarakat.

“Dan kalau pun terjadi bencana alam di wilayah Kabupaten Situbondo maka warga dan BPBD sudah siap langsung turun ke lokasi untuk membantu masyarakat yang terkena musibah,” tegasnya.

Gatot Trikorawan menambahkan, petugas BPBD bersama relawan sudah dipersiapkan serta sudah disebar di wilayah kecamatan yang rawan terjadi bencana banjir atau tanah longsor. BPBD Kabupaten Situbondo sendiri juga sudah mempersiapkan sejumlah peralatan penanganan bencana. Mulai dari perahu, alat berat dan beberapa peralatan penanganan bencana lainnya.

“Semua peralatan itu apabila sewaktu-waktu terjadi bencana banjir dan tanah longsor bisa langsung dikirim dan dipergunakan membantu masyarakat untuk melakukan evakuasi,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY