Bendungan Rentang Majalengka Dilakukan Pengeringan

oleh

Penulis: Sigit/Heri

MAJALENGKA, SOROTPUBLIK.COM – Akibat suplay air dari Bendungan Jatigede, Sumedang mengalami penyusutan yang sangat signifikan berdampak Bendungan Rentang, Jatitujuh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat harus dilakukan pengeringan.

Dari keterangan petugas Bendungan Rentang menerangkan, penyusutan debit air yang sangat signifikan tersebut, petugas Bendungan Rentang harus melakukan pengeringan selama satu bulan terhitung dari tanggal 01 – 30 Oktober 2018.

“Terhitung dari tanggal 01 Oktober 2018 Bendungan Rentang harus di keringkan kareana suplay air dari Bendungan Jatigede sekarang alami penyusutan,” terang Heri, Senin (01/10/2018).

Heri menjelaskan, akibat pengeringan Bendungan Rentang petugas bisa memanfaatkan untuk membersihkan sisa lumpur yang berada didasar sungai, dan bisa melakukan pemeliharaan Bendungan.

Lanjut Heri, volume debit air saat ini sekitar 2152 kubik atau sekitar 3 Meter kubik saja, itupun air tidak disuplai kedua saluran induk Sungai Cipelang dan Sungai Sindupraja. Dan air hanya disuplai ke Sungai Cimanuk hanya untuk memenuhi kebutuhan air PDAM Kabupaten Indramayu.