Belajar Daring, SMPN 1 Sumenep Gunakan Platfom Google Clasroom

oleh -131 views

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COM – Dalam penerapan belajar daring, Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menggunakan platfom google clasroom.

Kepala SMPN 1 Sumenep Syaiful Rahman mengatakan, bahwa selain google clasroom, ada grup-grup WhatshApp wali kelas sebagai pendukung.

“Di google clasroom itu sederhana, mudah, dan sama seperti kelas biasa. Bisa dikasi vedio, buku, power poin, daftar hadir dan jurnal guru,” terangnya, Rabu (22/07/2020).

Ia menambahkan, pihaknya juga bisa memantau langsung real time pembelajaran yang dilakukan oleh semua guru.

“Saya sebagai kepala sekolah dibantu oleh tim kurikulum bisa memantau kinerja para guru,” tambahnya.

Menurutnya, proses belajar mengajar bisa terpantau dan terlaporkan. Aktifitas yang terjadi di clasroom terdokumentasi.

“Sangat mudah bagi kami untuk melaporkan ke atasan yaitu Dinas Pendidikan, bahwa betul-betul real time,” sambungnya.

Ia menambahkan, kendala memang ada, baik dari segi teknis dan ekonomi. Dari segi teknis biasanya siswa yang rumahnya sinyalnya tidak kuat.

Sementara untuk kendala ekonomi, ada sejumlah siswa yang tidak mempunyai handpone yang mendukung dengan tekhnologi yang berkembang saat ini.

“Ada juga kendala ekonomi akibat pandemi Korona, ada yang tidak punya HP, dan juga tidak bisa beli paket data,” sambungnya.

Kenda-kendala tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi SMPN 1, sehingga pihaknya langsung menfasilitasi sejunlah siswa yang mengalami hal tersebut.

Penulis: Rul/Hb
Editor: Heri