Banjir Akibat Jebolnya Tanggul di Desa Surenenggala Cirebon Sudah Surut

oleh
Penyedotan air tanggul yang jebol di Blok Pagar Toya, Desa Suranenggala Kulon, Kecamatan Suranenggala, Kabupaten Cirebon. (Foto: Sigit/SorotPublik)

Penulis: Sigit/Kiki

CIREBON, SOROTPUBLIK.COM – Akibat tanggul jebol pada Senin dini hari lalu, ratusan rumah warga Blok Pagar Toya, Desa Suranenggala Kulon, Kecamatan Suranenggala, Kabupaten Cirebon terendam banjir setinggi 50 cm.

Namun, kondisi air yang membanjiri rumah warga sejak 31 Desember 2018 tersebut saat ini sudah kembali normal.

Loading…

Pejabat Sementara (Pjs) Kuwu Desa Suranenggala Kulon, Subagio mengatakan, terkait banjir di wilayahnya disebabkan oleh jebolnya tanggul dan mengakibatkan rumah warga sekitar terendam banjir.

“Banjir bukan dari hujan, akan tetapi dari tanggul yang jebol sehingga air dari tanggul meluber masuk ke pemukiman warga,” terangnya kepada sejumlah media, Jumat (04/01/2019).

Subagio menyatakan, pihaknya sudah menanggulangi hal tersebut dengan melakukan upaya penyedotan air tanggul menggunakan mesin pompa.

“Alhamdulillah sekarang sudah surut dan saat ini kami masih mengontrol,” terangnya.

Dari dua jembatan yang berada di sebelah utara dan sebelah selatan, kata Subagio, cuma satu yang jebol di sebelah selatan.

Saat penanganan, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkorpimcam) Suranenggala beserta Dinas PUPR Kabupaten Cirebon hadir meninjau langsung ke lokasi.

Pjs Kuwu Desa Suranenggala Kulon itu menjelaskan, saat kejadian, banjir yang menggenangi rumah warga tingginya sekitar 50 cm. Diperkirakan ada kurang lebih 100 unit rumah milik warga sekitar tergenang air.

“Banjir masuk ke rumah warga, namun tidak sampai terendam. Tapi hampir seluruh rumah di Blok Pagar Toya, Desa Suranenggala Kulon tergenang air,” ujar Subagio.

Ia menceritakan, situasi saat ini masih terjaga. Semua genangan air sudah surut, meski masih ada tanah yang lembab.

“Akan tetapi sekarang masih ada penyedotan,” tandas Subagio.

Loading...