Arisan Potong Sapi Untuk Lebaran

0
320

Penulis : Doess

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COMSudah menjadi tradisi warga Desa Jadung, Kecamatan Dungkek Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur. Setiap tahun, dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijiyah tahun ini, warga setempat yang tergabung dalam arisan ‘Al-Hidayah’ menyembelih seekor sapi dengan ukuran cukup besar hasil arisan yang mereka kumpulkan dalam setahun.

Ketua arisan Al-Hidayah Desa Jadung, Kecamatan Dungkek Sumenep, Mufidul Wara’ mengatakan, anngotanya sebanyak 91 orang per minggu hanya dibebani kewajiban menyetor Rp 3.000 per orang, total setiap minggunya terkumpul dana sebesar Rp 200.000. Bila di total dari hasil arisan tersebut selama satu tahun terkumpul uang sebesar Rp 12.000.000.

“Hasilnya seperti yang kita lihat sekarang ini para anggota bersama-sama memotong sapi dari hasil arisannya secara gotong royong dengan diselimuti rasa senang karena hasil arisannya bisa digunakan untuk keperluan lebaran,’’ kata Mufidul Wara’ Sabtu (24/06).

Menurutnya ada banyak manfaat yang di dapat dengan arisan seperti ini, selain harga daging yang didapat sangat murah, para anggota merasa seperti tidak memiliki beban ketika hendak merayakan Lebaran, terutama dalam masalah lauk pauk.

“Mininimal untuk urusan suguhan makanan tidak bingung kan sudah punya daging, tinggal nyiapin bumbu saja ko’ dan itu bagian ibu-ibu dirumah,’’ timpalnya dengan senyumnya yang khas.

Untuk diketahui tradisi Lebaran di Kabupaten Sumenep terutama di pedesaan bukan hanya menyuguhkan hidangan kue ke para tamu atau sanak family yang berkunjung, Namun menyuguhkan aneka makanan yang berbahan dasar daging adalah merupakan kewajiban. Sehingga tidak heran bila arisan untuk Sapi ini banyak diminati oleh masyarakat.

Mufidul Wara, juga mengemukakan, dikatakan murah karena warga yang terdaftar di arisan ‘Al-Hidayah’ ini per orang mendapatkan daging sapi sebanyak dua kilogram. Belum termasuk bagi hasil penjualan kulit , hati dan kepala sapi yang dijual ke pengepul.

“Intinya sangat murah karena saat ini harga daging sapi di Pasar Anum Sumenep perkilogram Seratus Dua Puluh Ribu per kilogram,’’ tukasnya.

LEAVE A REPLY