Aksi Tutup Jalan Balai Desa Glugur, Polres Sumenep Kecolongan

oleh

Penulis : Doess

SUMENEP, SOROTPUBLIK.com – Pendaftaran Kepala Desa (Kades) Glugur, Kecamatan Batuan Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur, memanas. Itu karena warga desa setempat sangat fanatik untuk menentukan kadesnya dan menolak bila calon kades berasal dari desa lain.

Penolakan itu dibuktikan dengan aksi penutupan jalan yang dilakukan oleh ratusan warga Desa Glugur. Kamis (3/11/16). Ironisnya aksi penutupan jalan yang dilakukan warga lepas dari penjagaan aparat kepolisian setempat.

Kepala Desa Gelugur, Misnal mengatakan, hari ini merupakan hari terakhir pendaftaran kepala desa.

“Baru dua orang yang mendaftar, yakni Moh.Rasidi dan dirinya selaku incumbent,” Paparnya.

Ketika ditanya terkait tidak adanya pengamanan dari pihak kepolisian di lokasi. Kasubaghumas Polres Sumenep, AKP Hasanuddin mengatakan, untuk pengamanan pihaknya sudah kordinasi dengan Polsek setempat.

“Sudah ko’ kami sudah memerintahkan kepada anggota polsek setempat untuk turun ke lokasi,” Tukasnya.

Diberitkan sebelumnya, Kamis pagi, ratusan warga Desa Glugur, Kecamatan Batuan, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menutup akses jalan menuju Balai desa setempat.

Penutupan akses jalan menuju Balai Desa itu dilakukan, karena sejumlah calon kepala desa yang mendaftar bukan warga setempat melainkan warga luar Desa Glugur. Ratusan warga yang menutup akses jalan itu terdiri dari laki-laki dan perempuan.

Sekedar diketahui, Desa Glugur merupakan salah satu desa yang akan menyelenggarakan pilkades serentak pada bulan Desember 2016 bulan depan.