Ahli Gizi RSUD Sumenep Yakinkan Bahwa Puasa Membuat Sehat

oleh -61 views

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COM – Ahli Gizi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Moh. Anwar Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Ratri Purwani menyakinkan bahwa puasa dapat membuat tubuh sehat.

Menurut Ratri, puasa yang membuat sehat itu bagi yang menjalankannya dengan baik dan benar sesuai syari’at dan anjuran kesehatan. Sebab, selain ibadah wajib, puasa sejatinya adalah pembersihan tubuh dari racun.

“Puasa adalah waktu untuk detoks atau pembersihan seluruh angota tubuh dari racun, sehingga makanlah (ganti) dengan makanan sehat,” terang Ratri.

Menurut Ratri, konsumsi sayur dan buah adalah pilihan yang sangat tepat. Kalau bisa yang organic dan variatif. Mengurangi konsumsi gula sederhana (IG rendah) adalah pilihan tepat, dan juga konsumsi madu dan kurma.

“Dan yang terpenting, apalagi di masa pandemik ini, olah sendiri makanan yang dikonsumsi,” tambahnya.

Lebih lanjut Ratri juga memberikan tips agar Ibadah puasa dapat membuat orang yang menjalaninya sehat dan bugar.

“Pahami kesehatan tubuh dan niatkan hanya karena Allah, utamakan makanan padat gizi, makan makanan beraneka ragam, selalu segerakan berbuka puasa, minum air yang cukup, sahur diakhirkan jelang imsyak, enyahkan rasa kantuk, hindari yang serba terlalu, atur kegiatan dan istirahat yang cukup,” pungkasnya.

Penulis: Rul/Yus
Editor: Heri