60 persen DD Tahap Awal Sudah Tersalurkan

0
175

Penulis : Nanang

PAMEKASAN, SOROTPUBLIK.COMPencairan Dana Desa (DD) 60 persen tahap awal dari Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan Madura Jawa Timur, sudah diterima dan sudah masuk ke Kasda sebesar Rp.92,7 Milyar  dari jumlah total pagu sebesar Rp.154 milyar.

Ach. Faisol, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Pamekasan menyatakan, DD yang sudah ada di Kas Daerah Kabupaten Pamekasan, saat ini sudah tercairkan ke 154 Desa dari jumlah total keseluruhan Desa sebanyak 178 Desa yang tersebar di 13 Kecamatan yang ada di Pamekasan. Data tersebut, terhitung sejak bulan april lalu hingga saat ini.

“Jadi dari jumlah total keseluruhan sebanyak 178 desa yang tersebar di 13 Kecamatan yang ada di Kabupaten Pamekasan, kini tinggal 24 Desa yang belum mencairkan DD untuk 60 persen pencairan tahap awal,” Kata Ach. Faisol kepada media sorotpublik.com, rabu (17/05).

Ach. Faisol menambahkan, jika diprosentasekan, total pencairan dana dari 60 persen DD yang diterima Pemkab Pamekasan yang sudah masuk ke Kasda dan kini sudah tersalurkan ke rekening 154 desa, hanya sekitar kurang lebih 83 persen saja. Pencairan dana tersebut, awal dicairkan pada tanggal 28 April 2017 lalu ke Kecamatan Pamekasan dan Tlanakan.

“Pencairan DD untuk 60 persen tahap awal yang sudah ada dikasda dan sebagian sudah dicairkan tersebut, kami targetkan dalam minggu ini sudah selesai tersalurkan 100 persen,” Imbuhnya.

Sementara itu, untuk pencairan 40 persen DD tahap kedua, pihaknya akan segera menganjukannya setelah laporan SPJ untuk 60 persen DD tahap awal sudah rampung diterimanya secara keseluruhan. Sementara untuk pencairan DD 40 persen tahap kedua dari Pemerintah Pusat yang akan diterima ke Kasda Pemkab Pamekasan diperkirakan pada bulan Agustus mendatang akan di terimanya sehingga genap secara keseluruhan menjadi 100 persen.

LEAVE A REPLY