24 Pasang Sapi Ikuti Kerapan Sapi Tingkat Kabupaten

0
1852

Penulis : Nanang

PAMEKASAN, SOROTPUBLIK.COM – Sebanyak 24 Pasang sapi di Kabupaten Pamekasan, Madura Jawa Timur, minggu 15 Oktober 2017 berlaga adu kecepatan di lapangan Stadion R. Suenarto Pamekasan dalam rangka mengikuti kerapan sapi tingkat kewedanan atau tingkat Kabupaten.

Kepaala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pamekasan, Achmad Sjaifudin, mengatakan, Pelaksnaan Kerapan Sapi Tingkat Kabupaten ini, Diawali dengan rapat kordinasi dan tehnikal meting bersama Kadisparbud, Kepala Polres Pamekasan, Kepala Kodim 0826, Kepala Dinas Peternakan, Kadis Kesehatan, Kasatpol PP, Paguyuban LESAP, dan 24 Peserta Pemenang kerapan sapi tingkat kewedanan.

“Kegiatan ini merupakan serangkain kegiatan memperingati hari jadi pamekasan yang ke 487. Budaya ini, memang kami lestarikan secara turun temurun dan sudah menjadi icon di Madura,” tutur Ahmad Sjaifuddin, Kadisparbud Pamekasan, Minggu (15/10).

Beberapa kegiatan hari jadi, seperti karapan Sapi gubeng, lomba sape sonok dan pameran batik akan diupayakan menjadi daya tarik tersendiri kepada wisatawan manca negara. Utuk karapan sapi, akan menjadi acuan tersendiri bagi wisatawan, baik wisatawan lokal maupun manca negara, karena menjadi satu-satunya ikon Madura.

“Itu merupakan upaya kami agar wisatawan tidak hanya terpaku pada sejumlah wisata fisik, melainkan wisata lain seperti kebudayaan,” ujarnya.

Pihaknya mengaku akan lebih inten mengupayakan wisata bernuansa kebudayaan di Pamekasan bisa menjadi jujukan para wisatawan karena memang sudah menjadi target jangka panjang.

LEAVE A REPLY