Usaha Mikro Jadi Tumpuan Pertumbuhan Ekonomi di Sumenep

oleh -26 views
KH. A. Busyro Karim, Bupati Sumenep, Foto: Yus {sorotpublik.com}

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur terus berupaya meningkatkan perekonomian warga di masa pandemi Covid-19.

Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si mengatakan, pemerintah daerah terus berupaya membangkitkan kembali pertumbuhan ekonomi di tengah wabah Virus Corona atau Covid-19, dengan menyediakan tempat bagi masyarakat yang belum mempunyai pekerjaan untuk membuka usaha kantin makanan dan minuman.

“Kita sudah menyediakan kantin Pujasera. Ini merupakan bagian kecil upaya untuk menumbuhkan ekonomi di tengah wabah Covid-19 yang masih berlangsung, karena dampak wabah virus itu juga berimbas kepada sektor ekonomi utamanya pelaku UKM,” tutur Bupati, Senin (05/09/2020).

Bupati dua preode itu menambahkan, Pemerintah Kabupaten Sumenep selama wabah Virus Corona atau Covid-19 telah melakukan langkah untuk membantu pelaku UKM, seperti memfasilitasi modal usaha Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan pelatihan keterampilan kepada masyarakat utamanya anak muda.

“Langkah yang dilakukan pemerintah daerah untuk memberikan semangat kepada masyarakat dengan membantu dari aspek peningkatan modal usaha maupun pemasarannya,” imbuhnya.

Menurut Bupati, di masa pandemi, usaha mikro memang harus diselamatkan. Karena situasi seperti saat ini, sirkulasi keuangan yang berputar di masyarakat mulai berkurang.

“Peningkatan modal usaha itu menjadi trik untuk memicu semangat para pelaku UKM,” ungkapnya.

Penulis: N/Yusa’
Editor: Heri