Lockdown 7 Desa di Sumenep Berakhir Setelah Berubah Menjadi Zona Orange

oleh -24 views

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COM – Penerapan lockdown lokal atau karantina wilayah pada tujuh desa di Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur berakhir setelah berubah menjadi zona orange, sejak Senin, (19/10/2020).

Tujuh desa tersebut yakni Desa Saroka, Kebun Dadap Barat, Kebun Dadap Timur, Tanah Merah, Langsar, Tanjung, dan Pagar Batu yang sebelumnya diterapkan lockdown lokal sejak tanggal 21 September 2020 lalu.

Humas Satgas Covid-19 Kabupaten Sumenep, Ferdiansyah Tetrajaya mengatakan, lockdown di tujuh desa di Kecamatan Saronggi itu sudah berakhir kemarin, karena sudah menjadi zona orange.

“Kami bersyukur lockdown pada tujuh desa di Kecamatan Saronggi telah berakhir setelah dilakukan penerapan lockdown sebanyak dua kali,” ujarnya.

Menurutnya, perubahan menjadi zona orange itu karena sesuai dari perkembangan epidemiologinya sudah menurun baik dari yang terpapar maupun yang meninggal akibat Covid-19.

“Kasus aktif masih ada, namun peningkatannya sudah tidak signifikan. Tidak seperti sebelumnya saat awal penerapan lockdown,” tegasnya.

Ia menambahkan, kondisi di Kecamatan Saronggi saat ini sudah kembali normal, namun tetap sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19.

Meskipun lockdown sudah berakhir, pihaknya berpesan agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

“Mudah-mudahan zona orange di Kecamatan Saronggi tetap dipertahankan, atau berubah menjadi zona kuning maupun hijau. Jadi wajib untuh patuh prokes Covid-19 seperti memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun,” pungkasnya.

Penulis: N/Yusa’
Editor: Heri