Sumenep Gelar Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-108

oleh

Penulis : Nt

SUMENEP,  SOROTPUBLIK.com  –  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep menggelar upacara dalam rangka memperingati hari kebangkitan nasional (Harkitnas) ke 108. Upacara dihalaman kantor Bupati Sumenep, Jumat (20/5/2016), berlangsung sangat hikmat. Pasalnya dalam upacara tersebut juga diperingati hari otonomi daerah ke-20 dan hari ulang tahun pemadam kebakaran ke-97.

Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busro Karim.Msi, dalam sambutannya mengamtakan, peringatan hari kebangkitan nasional setiap tahun dilaksanakan tidak lepas dari sejarah bangsa ini yakni berdirinya budi utomo pada tahun 1909.

“Berdirinya budi utomo menjadi aspirasi munculnya sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang terdidik dan memiliki cita-cita mulia untuk melepaskan diri dari penjajahan,” Kata Bupati Sumenep.

Menurutny, dengan tampilnya SDM yang unggul inilah semangat kebangkitan nasional dimulai. Kebangkitan nasional menjadi roh perjuangan hingga kemudian lahir pula sumpah pemuda dan puncaknya proklamasi pada tanggal 17 agustus 1945

“Sejak diproklamasikannya kemerdekaan kita bangsa Indonesia telah berketetapan hati, bahwa NKRI adalah harga mati dan tidak dapat ditawar lagi. Harus kita pertahankan sampai kapanpun,” Tegasnya.

Bupati menambahkan, diperingatan harkitnas tahun ini, bangsa Indonesia dihadapkan pada permasalahan ketahanan bangsa secara kultural yakni munculnya kekerasan.

“Kita harus bersatu dalam mengatasi kekerasan tersebut,” Ungkapnya.