RSUD Sumenep Gelar Sosialisasi Penanganangana Kesehatan

0
212
Para Petugas RSUD Saat Sosialisasi di Desa Slopeng

Penulis : Doess/Heri

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COMBanyaknya program layanan yang belum diketahui oleh masyarakat terutama oleh warga tidak mampu di Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur, menjadikan pihak RSUD dr. H. Moh. Anwar harus menjemput bola, salah satunya adalah aktif turun ke bawah melakukan sosialisasi di Desa Slopeng.

Direktur RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep, dr. Fitril Akbar mengatakana, penerapan program jaminan kesehatan untuk keluarga miskin ( GAKIN ) di Kabupaten Sumenep tidak serta merta berjalan mulus khususnya dalan pemamfaatan kartu jaminan ( SPM dan BPJS ), hal ini terbukti masih ditemukannya masyarakat yang mengalami kendala / kesulitan dalam pemamfaatan jaminan yang dimiliki, terutama pada saat berada di RSUD dr. H. Moh. Anwar Kabupaten Sumenep.

Dengan demikian, lanjut Fitril Akbar, tidak sedikit masyarakat yang komplin kepada Rumah Sakit, karena merasa kartu jaminan yang dimiliki tidak bisa difungsikan dan pasien atau keluarganya harus menanggung semua biaya perawatan  selama dirawat di Rumah Sakit, bahkan ada masyarakat  yang meminta untuk pindah kelas ruang perawatan.

“Sebagai contoh kasus bahwa pada bulan februari 2017 ada pasien dari Desa Salopeng, Kecamatan Dasuk, harus membayar semua biaya perawatan meskipun sudah mempunyai kartu penjamin,” katanya menjelaskan, Selasa (19/09).

Menurutnya, hal seperti itu sebenarnya tidak perlu terjadi apabila masyarakat sudah benar-benar  paham  dengan prosedur atau aturan yang berlaku terhadap masyarakat yang mempunyai kartu penjamin ( SPM  dan BPJS ).

“Sosialisasi seperti ini sangat bagus dilakukan, supaya masyarakat tahu dan faham tentang semua layanan yang ada di RSUD terutama bagi GAKIN,” tambahnya.

Untuk itu, selain melakukan serap aspirasi untuk perbaikan pelayanan di RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep dan sebagai salah satu wujud kepeduliannya terhadap masyarakat dalam rangka memberikan pelayanan prima dan lebih baik lagi.

“Melalui Instalasi Peduli Pelanggan ( IPP ) kegiatan sosialisasi pelayanan kesehatan terhadap peserta penjaminan yang akan dilaksanakan secara langsung kepada masyarakat di Desa Salopeng  Kecamatan Dasuk,” tukasnya.

LEAVE A REPLY