Puluhan Wisman Ikut Nari Rokat Pandhebe Lema

oleh
Puluhan Wisman Saat Nari Rokat Pandhebe Lema di Halaman Pendopo Keraton Sumenep

Penulis : Doess/Heri

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COMPuluhan wisatawan mancanegara (Wisman) dari sejumlah negara kembali mengunjungi sejumlah objek wisata di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Kapal pesiar yang ditumpangi puluhan wisman itu lego jangkar di Pantai Sembilan Gili genting.

Selanjutnya sebanyak 28 wisman berkunjung ke pendopo agung keraton sumenep. Di depan pendopo puluhan wisma di suguhi tradisional musik Tong-tong dan Tari Tradisional “Tari Rokat Pandhebe Lema”.

Didepan pendopo keraton sejumlah wisman terlihat ikut menari bersama penari dari SMPN 2 Sumenep. Sorakan dan tepuk tangan dari penonton menjadikan para Wisman semakin semangat menari.

“Total wisman asal negara gabungan semuanya berjumlah 98 orang, 28 orang berkunjung ke pendopo dan puluhan lainnya di pantai sembilan,” kata Sufiyanto, Kepala Disparbudpora Sumenep. Senin (04/09).

Menurutnya, kedatangan Wisman kali ini ke Kabupaten Sumenep merupakan yang ke -8 kalinya berkat kerjasama dengan perjalanan biro travel internasional.

“Kami sangat mengapresiasi, berkat kerjasama yang baik, Sumenep terus terkenal di mancanegara sehingga wisman terus berdatangan,” paparnya.

Selajuntnya di Pendopo Keraton Sumenep, usai menyaksikan tari topeng dalang, puluhan wisman mengelilingi keraton dan melihat kegiatan didalamnya seperti  membikin keris dan membatik.

“Kami sangat tertarik dengan kebudayaan yang ada di Kabupaten Sumenep, keratonnya bagus, budayanya juga menarik, kami tertarik ke batiknya itu,” ucap salah satu wisman asal Australia, Marilin Juna esten.