Pemkab Sumenep Gelar JJS Egrang Demi Lestarikan Budaya Lokal

oleh

Penulis; Heri/Ismi

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COM – Demi melestarikan budaya lokal, pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menggelar jalan jalan santai (JJS) egrang yang berlokasi di depan masjid angung Kabupaten Sumenep.

Bupati Kabupaten Sumenep dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kegiatan jalan jalan santai egrang itu merupakan bagian dari even visit Sumenep 2018, dimana dalam kegiatan tersebut memperkenalkan budaya lokal kepada anak-anak muda yang saat ini hampir punah.

“Tradisi atau budaya harus dilestarikan, salah satunya tenjhak atau egrang ini, karena sedikit anak muda yang mengenal tradisi seperti ini, maka dari itu pemerintah Sumenep kembali mengingatkan tradisi ini supaya tidak punah,” ungkap A. Busyro Karim, Minggu (02/09/2018).

Menurut bupati Sumenep dua preode itu, jalan jalan santai egrang tidak hanya sebatas melestarikan budaya lokal, namun juga bagian dari menyatukan langkah pebanguan ke depan di Kabupaten Sumenep dengan cara kebersamaan dan kekompakan.

“Hal ini bagian dari menyatukan langkah membangun Sumenep, dengan diawali kebersamaan dan kekompakan di antara kita, dan tradisi egrang ini juga bisa dijadikan cara memperkuat ekonomi masyarakat,” katanya.

Dalam kegiatan egrang yang diikuti oleh ribuan peserta itu terdiri dari elemen masyarakat umum, perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) dan instansi di lingkungan pemerintah Kabupaten Sumenep dengan berpakaian unik.