Lestarikan Budaya, Visit Sumenep Gelar Kontes Sapi Sonok

oleh
Bupati Busyro Karim saat menghadiri Kontes Sapi Sonok 2018 bersama Sekda Edy Rasiyadi dan Kadisparbupora Sufiyanto di Lapangan Giling, Sumenep. (Foto: Ismi/SorotPublik)

Penulis: Ismi/Kiki

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COM – Dalam rangka melestarikan budaya yang ada di Madura, Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur mengadakan pagelaran Kontes Sapi Sonok. Kontes yang menjadi salah satu kegiatan Visit Sumenep 2018 tersebut digelar di Lapangan Giling, Kecamata Kota, Sabtu pagi (13/10/2018).

Sapi sonok merupakan sapi yang dihias guna untuk menampilkan kecantikan. Saat kontes berlangsung, secara bergiliran para peserta satu persatu menampilkan sapinya yang dihias dengan diringi musik tradisional Saronen beserta penari/sinden yang dibawa pemilik sapi.

Bupati Sumenep, KH. A. Busyro Karim mengungkapkan, budaya Sapi Sonok sebelumnya sudah ada dan berjalan di berbagai kecamatan di Sumenep. Sebelum ada event Visit 2018 sekalipun, Sapi Sonok sudah berjalan.

“Akan tetapi, dengan adanya Visit 2018 diharapkan agar orang luar Sumenep masuk dan melihat Kontes Sapi Sonok, termasuk wisatawan dari mancanegara,” tuturnya.

Dengan target budaya tersebut dapat dinikmati orang luar kota, bahkan mancanegara, orang nomor satu di Sumenep itu menginginkan agar sosialisasi dan publikasi setiap rangkaian kegiatan Visit Sumenep lebih luas dan massif. Sehingga, apa yang menjadi tujuan dan harapan pemerintah dapat diwujudkan.