Disdik Sumenep Gelar Pameran dan Lomba Budaya Tradisi Lokal

oleh

Penulis: Ismi

Sumenep, SOROTPUBLIK.COM – Dalam rangka Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur gelar pameran pendidikan dan lomba berbasis budaya lokal Sumenep, dihalaman kantor Dinas Pendidikan setempat yang diselenggarakan selama 2 hari guna membudayakan kembali tradisi lokal yang hampir terlupakan oleh generasi sekarang.

Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si selaku Bupati Kabupaten Sumenep yang membuka secara resmi pagelaran pameran dan lomba budaya tradisi lokal menyampaikan, agar tidak melupakan budaya atau tradisi peninggalan nenek moyang dulu, dikarenakan Negara akan maju ketika budaya lokal dahulu kala tetap dipertahankan.

“Jangan pernah melupakan budaya lokal, karena tidak ada Negara yang maju ketika tidak mampu mempertahankan budaya lokal,” tuturnya.

Di jelaskan oleh Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep H. Ahmad Shadik, M.Si, dengan digelarnya acara tersebut bertujuan menghidupkan kembali budaya lokal yang hampir terlupakan dan tidak lagi banyak diminati oleh generasi sekarang.

“Kami akan terus mempertahankan budaya lokal dan menanamkan kepada para siswa/siswi,” jelasnya.

Karena itu, H. Ahmad Shadik berharap, dengan diadakannya lomba budaya lokal itu, agar siswa/siswi terus menerus membudayakan tradisi lokal Sumenep dan menumbuhkan rasa kecintaannya terhadap budaya maupun permainan lokal.