Bupati dan Wabup Minta Wartawan Cegah Berita Hoax

0
356

Penulis : Doess

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COM – Bupati Sumenep A Busyro Karim meminta wartawan setempat ikut menangkal berita palsu dan terus berupaya konsisten menyajikan informasi yang akurat dan objektif. Hal itu disampaikan dalam dialog publik yang digagas pengurus PWI Sumenep. Rabu 15 Februari 2017.

Menurutnya, kalau ada wartawan di Sumenep ikut-ikutan menyebarkan berita bohong dan palsu akan lebih membahayakan dan meracuni kehidupan masyarakat. Karena saat ini berita palsu dan penyebarannya dengan mudah masuk dan kadang kala diterima oleh masyarakat layaknya informasi yang akurat.

Kondisi tersebut kata Bupati tentunya akan semakin parah, jika wartawan sebagai kalangan profesional itu malah berperan serta menyebarkan berita palsu.

Busyro menilai wartawan dengan karya jurnalistiknya merupakan “matahari” bagi masyarakat, jika memberikan dan menyampaikan informasi yang akurat dan objektif.

“Kami berharap wartawan di Sumenep menjadi pelopor untuk menangkal berita palsu/ Hoax. Jangan khianati tugas suci dan mulia wartawan, yakni penyampai informasi yang akurat dan nyata sesuai fakta,” Katanya menjelaskan.

Sementara itu, Wakil Bupati Sumenep, Ahmad Fauzi menjelaskan, insan pers bisa bersinergi dengan pemerintah daerah, utamanya dalam menumbuhkembangkan semangat warga untuk membangun daerahnya.

“Insan pers dan pemerintah daerah bukan hanya sebagai suami isteri namun sudah masuk ke dalam keluarga besar dan tak bisa dipisahkan. Pemerintah daerah merupakan salah satu lembaga yang bisa menyediakan informasi publik yang dibutuhkan insan pers, begitu juga sebaliknya,” Ungkapnya menjelaskan.

Sedangkan Anggota Dewan Pers, Imam Wahyudi mengatakan, wartawan dalam bekerja harus mengedepankan kode etik jurnalistik. Bila itu dilakukan maka akan terwujud manfaat yang bisa dirasakan oleh semua masyarakat.

LEAVE A REPLY