77 KRTP Desa Waru Timur Terima Bantuan Modal Usaha

oleh
Dokumentasi pada waktu penyerahan bantuan kambing ternak

Penulis : Nanang

PAMEKASAN, SOROTPUBLIK.COMSebanyak 77 Kepala Rumah Tangga Perempuan (KRTP) Desa Waru Timur, Kecamatan Waru, Kabupaten Pamekasan, Madura Jawa Timur, Rabu 20 September 2017 menerima bantuan modal usaha dari Provinsi Jawa Timur melalui program JALIN MATRA (Jalan Lain Menuju Mandiri dan Sejahtera).

Menurut Kepala Desa Waru Timur mengatakan, bantuan modal usaha tersebut dalam bentuk barang yang disesuaikan dengan tingkat kebutuhan masing-masing KRTP. Jenis bantuan tersebut diantaranya berupa, bantuan kambing ternak, Peralatan katering, mesin jahit, mesin penggilingan kelapa, sembako dan lemari es dan lainnya.

“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada pemerintah khususnya Pemprov Jatim yang telah memberikan bantuan modal usaha kepada masyarakat kami para KRTP yang disalurkan melalui Dinas PMD Pamekasan. Sebab, bagi kami program ini sangat menunjang kesejahteraan masyarakat kami,” tutur Rusdi, Kades Waru Timur, Rabu (20/09).

Secara terpisah, salah seorang staf Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Pamekasan, Moh Fahmi menjelaskan, bentuk bantuan Modal Usaha dalam bentuk barang yang diberikan kepada KRTP Desa Waru Timur itu, dalam rangka Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan (PFK). Bantuan tersebut, diberikan sesuai permintaan KRTP yang sebelumnya sudah diidentivikasi sesuai kebutuhan.

“Jadi sebelumnya kami telah melakukan identivikasi langsung ke masyarak KRTP penerima bantuan, langkah ini kita lakukan supaya kami bisa mengetahui langsung keberadaan dan tingkat kebutuhannya KRTP agar tepat sasaran,” terang Fahmi, Staf Dinas PMD Pamekasan.

Bantuan modal usaha dalam bentuk barabg yang diberikan kepada KRTP,  jumlah nominalnya per KRTP sebesar Rp. 2,5 juta. Dengan harapan, bantuan tersebut bisa menjadi modal usaha KRTP bisa menyambung hidup agar mandiri dan sejahtera.